Translate

Sabtu, 06 April 2013

Ideologi Negara


Dari pada bengong mending aku nyalurin bakat ke nulis aja...
Kemarin aku diajarkan oleh ibu dosen tentang ideologi negara.. Pelajarannya adalah tentang pendidikan kewarganegaraan .. Asyik sih, aku menikmati didongengin oleh ibu dosen...
Ideologi itu ada bermacam-macam rupanya ehh maksudnya jenisnya. Kalau Indonesia sendiri menganut ideologi pancasila.. Ideologi ada ideologi Liberal/ Induvidulisme tetapi sebelum ada idologi liberal muncul idelogi Feodalisme dimana sistem politik yang dianut adalah monarkhi absolut kerajaan. Idelogi Liberal merupakan ideologi yang menganut pasar bebas, kebebasan induvidu yang mendominasi adalah mereka yang mempunyai saham atau perusahaan besar. Setelah Ideologi Liberal berkembang pesat munculla ideologi dengan paham komunis/sosialisme dimana negara mengatur perekonomiaan demi kesejahteraan rakyat, menciptakan masyarakat tanpa kelas yang sama rata dan sama rasa  ideologi ini memiliki kekurangan karena tidak mengakui adanya Tuhan. Setelah itu muncullah ideologi baru yaitu  fasisme sebagai reaksi ideologi liberal dan komunis , fasisme merupakan suatu pemerintahan militer (pemerintahan yang diktator) tujuanya untuk membentuk negara maju yang superioritas atas negara-negara lain, dan membentuk bangsa yang mandiri tidak bergantung pada bangsa lain. Indonesia sendiri menganut ideologi pancasila bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur dalam kehidupan spiritual dan material dalam wadah NKRI. 


Ideologi pancasila merupakan jatidiri bangsa Indonesia, Indonesia berakar dan bersumber dari Ideologi pancasila sudah sepantasnya sebagai warga negara kita bangga akan pancasila dan mengamalkan asas-asas yang terkandung dalam pancasila. Pancasila merupakan Ideologi yang terbuka ideologi yang dapat berinteraksi dengan perkembangan jaman dan senantiasa terjadi dinamika internal. Pancasila harus bersifat dinamis karena pancasila harus senantiasa berkembang menyesuaikan perubahan dan kepentingan masyarakat indonesia. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar